Rabu, 06 Juni 2012

Bikin OS BlackBerry ramping? Shrink-A-OS aja..


Salah satu keuntungan yang didapat oleh pengguna BlackBerry adalah tersedianya update device software yang dirilis secara berkala oleh RIM sebagai produsen BB. Device software ini berisi sistem operasi dan aplikasi-aplikasi yang nantinya akan diinstall di handheld BB. Update software ini berisi berbagai bug fixes, fasilitas baru serta peningkatan dari fitur yang sudah ada sehingga diharapkan perangkat BB menjadi semakin mudah digunakan dan berdaya guna. Device Software sering juga disebut OS BlackBerry (BlackBerry Operating System), atau hanya disingkat OS.
Kenyataannya, seiring dengan berbagai perbaikan dan penambahan aplikasi maka tidak dapat dipungkiri kapasitas file device software pun semakin besar. Saat diinstal ke handheld, praktis aplikasi-aplikasi ini akan memenuhi memori internal BB sehingga free memory pun menjadi terkuras. Dampaknya? ruang bebas untuk menampung email, mms, sms serta space untuk menginstall aplikasi pihak ketiga pun menjadi terbatas. Bahkan pada BB type lama, free memory menjadi sangat kecil sehingga menimbulkan efek yang tidak menyenangkan seperti akses aplikasi lambat, sering muncul jam pasir, aplikasi tidak respon dan lain sebagainya.

Adakah solusinya? Tentu saja ada. Kembali kepada bahasan bahwa package device software BB berisi berbagai aplikasi, nah, pada kenyataanya tidak semua aplikasi tersebut benar-benar diperlukan oleh user. Jadi biar ramping, kita sisihkan aplikasi yang kurang perlu dan hanya menyisakan aplikasi-aplikasi utama saja. Setuju? ;-)
Caranya? Gampang. Sebelum memulai proses, pastikan Anda telah memiliki BlackBerry Desktop Manager yang telah terinstall. Setelah siap, Anda download dan install device software yang sesuai dengan tipe BB Anda. Lokasi  download bisa dari BlackBerry Download Sites, jeruknipis.com atau dari sumber lainnya.
Setelah instalasi selesai, jangan langsung di-load ke handheld. Kita sisihkan dulu aplikasi yang tidak terpakai, istilahnya shrink. Tidak tahu caranya? kita gunakan saja aplikasi yang sudah siap pakai, Shrink-A-OS dari bbhybrids.net.
Update 12 Juni 2011:
Sehubungan dengan rilis terbaru, aplikasi Shrink-A-OS dijadikan sub bagian dari aplikasi BBH Tool. Silahkan baca disini untuk link download dan keterangan lebih lanjut. :)

Klik Browse dan pilih lokasi folder device software BB yang telah diinstal ke PC, biasanya folder device software ada di dalam folder C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\Shared\Loader Files. Sebagai contoh, saya menggunakan device software versi 4.5.0.182 untuk BB 8320 dan nama foldernya adalah 8320-v4.5.0.182_P2.7.0.106. Nah, dengan aplikasi ini kita tinggal contreng modul aplikasi mana saja yang mau dihapus dari instalasi device software BB. Intinya, semua yang ditampilkan disini aman untuk dihapus. Jadi bisa saja Anda contreng semuanya jika ingin software yang diload ke BB hanya murni OS dan aplikasi dasar saja, tanpa embel-embel lainnya. Klik tombol besar Shrink My OS! dan biarkan aplikasi ini menyisihkan file-file yang telah Anda pilih. Selanjutnya tinggal klik pada tombol Launch Loader dan lanjutkan instalasi seperti biasa. Mudah kan?
Masih newbie? Belum paham juga dengan penjelasan diatas? Yup, saya sarankan at least Anda pernah sekali menginstall device software BB agar tahu step-by-stepnya. Untuk cara penggunaan lengkap dari Shrink-A-OS bisa dicari dengan google, ada banyak tutorial lengkap di luar sana.  Learning by doing ajah.. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar